Bukti menarik Shang-Chi yang diundur nyaris 20 tahun
Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings

Bukti menarik Shang-Chi yang diundur nyaris 20 tahun

JADIMULYA POSShang-Chi sudah seharusnya kiprah semenjak 2001 dengan judul The Hands of Shang-Chi dan diperkirakan masuk ke babak 1 MCU.

Bukti menarik Shang-Chi yang diundur nyaris 20 tahun
Shang Chi and The Legends of the Ten Rings Hanya akan Tayang di Bioskop (blackxperience.com)

Sesudah 20 tahun, Marvel pada akhirnya bawa Shang-Chi ke layar-lebar lewat Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Sebagai film seni bela diri pertama Marvel, Shang-Chi disongsong baik atas keberagaman dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Lantas, apa yang membuat studio memerlukan beberapa puluh tahun untuk mendebutkan kepribadian ini ke MCU?

BACA JUGA  Eben Burgerkill Wafat Saat Manggung

Kemungkinan susah untuk dipercayai, tetapi kenyataannya Shang-Chi telah diperkirakan semenjak Babak Pertama MCU. Stan Lee, pembuat pahlawan super Marvel, habiskan sekian tahun dalam kehidupannya untuk merayu Hollywood beli pahlawan super Marvel, terhitung Shang-Chi. Dan pada akhirnya pada 90-an dan awalnya 2000-an Marvel sukses di layar-lebar dengan Blade, X-Men, dan Spider-Man bisa dibuktikan jadi hit besar.

BACA JUGA  BTS Dan Olivia Rodrigo Borong Piala, Inilah Daftar Lengkap Para Pemenang Di MTV VMAs 2021!

Lalu pada 2001, sutradara Stephen Norrington ajukan diri untuk menyutradarai film dengan judul The Hands of Shang-Chi dengan Dreamworks. Sayang, project ini tidak sempat terjadi dan hak film dibalikkan ke Marvel.

3 tahun selanjutnya, Marvel memilih untuk membuat film sendiri bermodal utang USD525 juta. Marvel waktu itu betul-betul menaruhkan segala hal, dan pada 2015 umumkan barisan 10 property awalnya MCU: Ant-Man, The Avengers, Black Panther, Captain America, Cloak dan Dagger, Doctor Strange, Hawkeye, Nick Fury, Power Pack, dan Shang-Chi. Tetapi cuman dua salah satunya sebagai sisi dari Babak 1. Walau semua pada akhirnya disiarkan, tetapi Shang-Chi salah satu sebagai sisi dari Babak 4.

BACA JUGA  4 Aktor Drama korea Zombie Detective, Nama Komplet dan Biodata, Tampil di NET TV Jumat 3 September 2021

Dikutip dari ScreenRant (3/9), Shang-Chi sebetulnya akan dikenalkan pada episode saat credit The Avengers (2012). Di saat itu, Marvel mengharapkan untuk masuk ke pasar Tiongkok, dan mereka dekati perusahaan Tiongkok DMG Pertunjukan Motion Picture Grup dengan gagasan untuk produksi beberapa film bersama. Tetapi, Shang-Chi kembali dilalaikan sepanjang 9 tahun.

“Menempatkan orang-orang Tiongkok dalam sebuah film secara keliru dianggap sebagai jaminan harga untuk masuk ke pasar Tiongkok yang menguntungkan,” kata presiden DMG Chris Fenton, ketika mengingat kembali praktik bisnis tersebut.

BACA JUGA  OMG! Coki Pardede Rupanya Memasukkan Sabu Melalui Anal
Bukti menarik Shang-Chi yang diundur nyaris 20 tahun
Tampilin Sosok Superhero Asia, Marvel Rilis Trailer ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’ (traxonsky.com)

Tidaklah aneh Hands of Shang-Chi tidak berhasil waktu itu, ingat Marvel usaha bawa semua watak ke arah selatan. Dalam pengertian, tidak satu juga persetujuan terjadi dengan partner Asia. Disamping itu, seni bela diri waktu itu belum setenar saat ini dan kemungkinan rasisme masih kental saat Marvel masih usaha memodali film sendiri.

BACA JUGA  Ulang Tahun ke 25 Hari Ini, Berikut Daftar Prestasi Joy Red Velvet

Untungnya, Marvel sekarang cukup optimis untuk mendatangkan watak pahlawan khusus Asia ke MCU. Bintang Shang-Chi Simu Liu sendiri mengharap ini menjadi langkah pertama masuknya Asia ke waralaba besar itu.