Cara Daftar Menjadi Penerima Bantuan Sosial Pemerintah (Bansos) dengan Aplikasi Cek Bansos Kemensos RI

Cara Daftar Menjadi Penerima Bantuan Sosial Pemerintah (Bansos) dengan Aplikasi Cek Bansos Kemensos RI

JADIMULYA POS – Bila anda merasa belum tercatat untuk menerima bansos pemerintah walaupun sebenarnya telah memenuhi syarat sebagai penerima, tenang saja pemerintah sudah membuat aplikasi yang bisa memudahkan para penerima bansos dapat memeriksa apa mereka sudah tercatat atau dapat mendaftar langsung diaplikasi itu bila belum.

BACA JUGA  5 Aplikasi Penghasil Saldo Paypal Tergurih 2021, Dijamin Membayar Dan Terbukti Gurih juga Moncer

Aplikasi milik Kementerian Sosial RI ini Namanya Aplikasi Cek Bansos. Aplikasi ini mempunyai fitur yang dapat meningkatkan keakuratan pendistribusian bansos dengan memeriksa nama yang menerima, saran dan sanggah.

Dengan ke-3 fitur itu masyarakat bisa juga turut mengatur penyempurnaan data. Keikutsertaan masyarakat bisa juga mengakselerasi proses penyempurnaan hingga membantu tugas Pemda karena sesuai UU Nomor 13 Tahun 2011 mengenai Penanganan Fakir Miskin, penyempurnaan data jadi wewenang Pemda.

BACA JUGA  10 Aplikasi Penghasil Uang Bisa Dibuktikan Bayar Terbaru 2021

Dengan aplikasi ini para pengguna dapat melihat daftar yang menerima bansos yang ada disekitaran daerah administrasinya dan bisa memberi sanggahan pada yang menerima bantuan yang dipandang tidak pantas/tidak layak menerima.

Cara Daftar Menjadi Penerima Bansos dengan Aplikasi Cek Bansos Kemensos RI

Buat anda yang merasa belum tercatat dalam penerima bantuan sosial dari Kemensos dan ingin mendaftarkan diri atau menyarankan tetangga atau orang lain yang dipandang pantas untuk masuk ke DTKS dan/atau menerima bansos.

BACA JUGA  10 Aplikasi Penghasil Dollar Terbaik, Rekomendasi Buat Kalian Para Pemburu Dollar

Berikut ini beberapa langkah bagaimana cara mendaftar bantuan sosial dengan memakai fitur yang ada pada aplikasi Kemensos RI:

  1. Membuka aplikasi PlayStore pada Android dan AppStore pada iOS.
  2. Download aplikasi dengan masukan keyword Aplikasi Cek bantuan sosial di PlayStore, dan pastikan pembuatnya ialah Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).
  3. Lakukan pendaftaran dan membuat ID dengan menyiapkan nomor Kartu Keluarga, NIK yang berada di e-KTP terkini, dan KTP saat lakukan pendaftaran.
  4. Isi semua data yang dibutuhkan secara benar dan komplet, dan dapatkan akun yang telah di klarifikasi dan diaktivasi oleh admin Kemensos RI.
  5. Selanjutnya pilih menu lalu pilih menu Daftar Usulan dan tambah usulan.
  6. Anda dapat mendaftarkan anda sendiri, keluarga, atau seseorang, atau bahkan juga fakir miskin yang telah terverifikasi lolos dari daftar yang menerima manfaat bantuan sosial. Adapun manfaat bantuan sosial yang dapat diterima ialah BNPT, BST dan PKH.
  7. Data sukses, saat sukses diusulkan data yang bakal tampil ialah NIK dan status kesesuaian Dukcapil. Anda akan memperoleh data kesesuaian daerah dengan pengusul Kartu Keluarga.
BACA JUGA  5+ Aplikasi Penghasil Saldo Dana Terbaru 2021, No Hoaks!

Unduh Aplikasi Cek Bansos Disini

Membantu Pemerintah Lebih Adil dan Merata dalam Pembagian Bantuan sosial dengan Fitur “Sanggah”

Selain fitur daftar, aplikasi Cek Bantuan Kemensos RI mempunyai fitur lainnya yang dapat membuat pendistribusian bantuan sesuai sasaran, tepat sasaran serta lebih transparansi. Caranya ialah dengan anda manfaatkan fitur sanggah pada aplikasi itu.

Pengaktifan fitur itu sebagai inovasi dari persoalan data yang terjadi selama ini, yaitu ada orang yang memiliki hak memperoleh bantuan tetapi tidak dapat (exclusion error), dan ada yang tidak berhak tetapi memperoleh bantuan (inclusion error).

BACA JUGA  4 Aplikasi Saham Syariah Terbaik 2021, Aman dan Terpercaya

Untuk dapat menggunakan fitur ini berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama masuk ke Tanggapan Kelayakan. Di menu ini berisi daftar yang menerima manfaat, data tampil berdasar daftar penerima yang ada di satu kelurahan yang sama dengan pemilik akun.
  2. Selanjutnya anda tinggal pilih siapakah yang pantas menerima manfaat/bantuan sosial pada data yang ada.
  3. Bila dipandang tidak pantas menerima bantuan sosial, anda tinggal pilih simbol “ok” atau “tidak”.
  4. Sesudah memilih salah satunya simbol, isi argumen dan pernyataan dan kirim tanggapan.
  5. Selanjutnya, Info ini akan masuk ke sistem Kementerian Sosial untuk memperoleh tanggapan.
BACA JUGA  Ayo Buruan, Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 20, Sebelum Ditutup!

Dengan ini anda dapat menolong orang yang lain lebih memiliki hak memperoleh bantuan, dan mencegah mereka yang tidak selayaknya menerima bantuan.

Lakukan Pengusulan dan Penyanggahan dengan Baik dan Bijak Sesuai Aturan yang Berlaku

Saat anda akan menyarankan seorang atau mendaftarkan mereka untuk memperoleh bantuan sosial pastikan mereka sudah penuhi persyaratan utama menjadi orang yang pantas untuk menerima bantuan.

BACA JUGA  √ Rekomendasi Top 7 Aplikasi Penghasil Pulsa Terbaik dan Tercepat 2021, Dijamin Gurih!

Dan saat anda akan menyanggah orang yang terdata menerima bansos, seharusnya periksa langsung dahulu kondisi orang itu. Bisa jadi keadaan keuangan mereka yang awalnya anda ketahui telah berubah sejak adanya pandemi . Maka berhati-hatilah dan arif bijaksana yah dalam menggunakan layanan fitur ini.