10 Aplikasi Saham Terbaik 2021, Rekomendasi bagi Pemula

10 Aplikasi Saham Terbaik 2021, Rekomendasi bagi Pemula

JADIMULYAPOS.COM – Investasi saham kian dilirik masyarakat Indonesia. Ditambah, ada momen wabah Covid-19 pada 2020 lalu yang pernah menghimpit pasar saham di Tanah Air, membuat investor ritel beramai-ramai masuk ke instrumen investasi ini. Harga saham yang melorot jauh membuka kesempatan bagi investor pemula untuk mencoba peruntungannya di dunia investasi saham.

Tetapi di luar ‘momen’ yang tidak sering terjadi ini, investasi saham memang lumayan menjanjikan. Ada potensi imbalan hasil besar yang menanti di ujung jalan, dibandingkan instrumen investasi yang lain. Tetapi jangan salah, imbalan hasil yang tinggi sesuai dengan resikonya yang juga lumayan besar. High risk, high return. Jargon ini amat tepat mendeskripsikan peluang investasi di pasar saham.

BACA JUGA  Mengenal Youtube Premium Dengan Segala Kelebihannya

Karena itu, seorang investor tetap perlu memperhitungkan profil resiko ketika akan memilih sebuah instrumen investasi. Jika memang telah siap masuk instrumen saham, maka investor masih perlu melakukan penelitian dan pengkajian saat menentukan saham.

Salah satunya langkah investasi saham yang termudah dan sederhana ialah memakai aplikasi saham. Aplikasi ini disiapkan oleh perusahaan sekuritas, atau oleh perusahaan yang bekerja sama dengan sekuritas. Pastilah harus tetap seizin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk investor saham pemula, kehadiran aplikasi saham pasti benar-benar menolong. Hanya dengan 1 aplikasi di handphone, kamu dapat lakukan registrasi sampai lakukan jual beli saham.

BACA JUGA  Read These 8 Tips About Twilio Stock To Double Your Online Business

Lalu apa saja aplikasi saham terbaik untuk yang baru memulai pada tahun 2021 ini? Baca penjelasannya berikut:

1. IPOT

Aplikasi IPOT (Indo Premier Online Technology) adalah aplikasi saham yang terpopuler saat ini di Indonesia. Aplikasi IPOT adalah ekosistem online trading dari PT Indo Premier Sekuritas untuk melakukan investasi saham, reksadana, dan ETF dengan fitur yang lumayan lengkap.

Satu diantara keunggulan yang ditawarkan IPOT ialah tersedianya proses Robo Trading dan Fund Evaluator yang otomatis dapat menjalankan semua perintah order jual dan membeli pada saham dan harga yang sudah kamu tetapkan. Dengan layanan ini, kamu tak kan kehilangan momen untuk lakukan perdagangan saham dengan harga yang kamu harapkan.

BACA JUGA  Slacker’s Guide To Adidas Stock

Investor juga dapat menentukan sendiri pilihan investasi pertamamu di reksadana dengan bantuan Fund Evaluator.

Beberapa kelebihan IPOT:

  • Pendaftaran akun dapat dilakukan lewat cara online, tanpa tatap muka langsung.
  • Tidak ada minimum deposit saat membuka akun saham pertama kali.
  • Integrasi investasi saham dan reksadana dalam satu aplikasi.
  • Ada beragam fitur yang mempermudah investor melakukan transaksi saham.
  • Charting Stok dan Fund yang lumayan lengkap.
  • Ada fitur informasi dan analisis yang mendalam oleh tim Indo Premier.
  • Tampilan antar-muka (user interface) yang mempermudah pengguna.
  • Fee jual saham disebut 0,29 % per transaksi, sementara fee beli saham 01,9 % per transaksi.
BACA JUGA  5 Aplikasi Penghasil Saldo Paypal Tergurih 2021, Dijamin Membayar Dan Terbukti Gurih juga Moncer

2. Stockbit

Aplikasi Stockbit sebelumnya hadir sebagai komunitas forum trading saham alias social trading. Forum ini menawarkan banyak manfaat karena beberapa investor dapat saling bertukar informasi mengenai emiten atau rekomendasi saham.

Stockbit makin dikenal karena saham sendiri sebagai instrumen investasi yang pergerakan harganya cukup dipengaruhi oleh sentimen pasar, termasuk oleh kabar berita atau isu. Dengan adanya forum di Stockbit, para investor saham senior dapat memberi analisisnya berkaitan sentimen pasar yang ada dan bagaimana efeknya ke emiten tertentu.

Untuk investor saham pemula, sudah pasti informasi semacam ini benar-benar berharga. Walau kadang tidak akurat 100%, tetapi informasi dan analisis ini cukup bermanfaat sebagai bahan penilaian sebelum melakukan transaksi bisnis.

Akan tetapi seiring berjalannya waktu, Stockbit juga menyediakan layanan jual beli saham dengan bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. Tetapi ingat, Stockbit ini bukanlah broker saham ya.

BACA JUGA  √ Rekomendasi Top 7 Aplikasi Penghasil Pulsa Terbaik dan Tercepat 2021, Dijamin Gurih!

Dilansir dari keterangan di aplikasi Stockbit, dijelaskan jika Stockbit ialah aplikasi investasi saham di mana kamu bisa berunding, menganalisa, dan trading saham dalam satu aplikasi mobile.

Kelebihan Stockbit:

  • Bisa online trading saham.
  • Ada fitur belajar saham.
  • Belajar saham dengan virtual trading atau simulasi jual beli saham scara online yang mempermudah kamu belajar investasi saham.
  • Forum diskusi bersama masalah saham.
  • Kamu dapat menganalisa informasi tentang saham dengan investor dan trader dalam komunitas Stockbit. Sudah lebih dari 100.000 investor dan trader yang tergabung dan saling berbagi tips saham dalam komunitas ini. Kamu dapat memperoleh rujukan saham atau stockpick dari sekuritas dan lembaga penelitian dengan gratis.
  • Tersedia chart saham dan technical indicator.
  • Kamu dapat melakukan charting saham in the Cloud dengan Chartbit (online charting platform) untuk mendukung kegiatan trading kamu. Tersedia sinyal saham seperti foreign flow dan data bandar (bandarmology). Ada juga technical indicator lengkap dengan Foreign Flow, Bandarmology, Darva Box, Ichimoku Cloud, MACD, RSI, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Menyediakan data fundamental.
  • Data fundamental saham yang kamu butuhkan untuk jadi seorang investor yang penuh perhitungan. Seperti PE Ration, Price to Book Value, Debt to Equity, ROE, sampai Dividend Yield.
  • Cocok buat investor atau trader.
BACA JUGA  Bagaimana Cara Unduh Sertifikat Vaksin Covid-19? Berikut Caranya!

Stockbit bisa membantu investor dengan prinsip value investing atau trader yang mengimplementasikan swing trading.

3. MOST Mandiri

MOST ialah aplikasi trading saham yang disediakan oleh Mandiri Sekuritas, salah satunya broker saham paling besar di Indonesia. Mandiri Sekuritas sekaligus sebagai anak usaha PT Bank Mandiri Tbk. MOST datang dengan user interface atau penampilan antar-muka yang ramah pada pengguna baru atau investor saham pemula.

BACA JUGA  Attention: Dominos Stock

Di aplikasi MOST, fee jual saham 0,28% per transaksi dan fee membeli saham 0,18% per transaksi.

Kelebihan dari MOST:

  • Registrasi akun dapat dilakukan secara full online.
  • Mandiri Sekuritas menghadirkan dukungan pelatihan secara tatap muka atau online untuk investor saham.
  • Akses penuh ke analisis harian dari beberapa analis handal Mandiri Sekuritas.

4. BIONS – BNI Sekuritas Innovative Trading System

Persis seperti MOST, BIONS dihadirkan oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), satu diantara BUMN perbankan terbesar di Indonesia. BIONS menghadirkan tampilan tatap muka yang memikat dan ramah pada investor pemula. Jika kamu tertarik melakukan investasi saham dengan BIONS, maka perlu sediakan setoran awalnya minimum Rp 1 juta.

BACA JUGA  4 Aplikasi Saham Syariah Terbaik 2021, Aman dan Terpercaya

Beberapa kelebihan BIONS antara lain:

  • Tampilan yang ramah bagi investor pemula.
  • Ada akun trial, untuk calon investor yang mencoba tanpa memakai uang. Dengan layanan ini, calon investor dapat melatih diri dengan kegiatan perdagangan saham secara online.
  • Fitur yang disediakan BIONS lumayan lengkap, dimulai dari automatic order list, watchlist, sector trade, research, fundamental, sampai corporate action. BIONS menghadirkan berita dan informasi terkini dan hasil penelitian dari BNI Sekuritas.
BACA JUGA  10 Aplikasi Penghasil Uang Bisa Dibuktikan Bayar Terbaru 2021

5. RTI Bussiness

Aplikasi ini dapat disebut sangatlah membantu para investor saham dalam membuat taktik jual beli saham. RTI Bussiness menyuguhkan beragam info berkenaan IHSG, charts, data keuangan, kabar masing-masing emiten, sampai kurs. Kamu bisa juga melihat informasi mengenai performa perusahaan dalam waktu 5 tahun lewat income statement, cash flow, profitability, balance sheet, growth sampai earnings.

Menariknya, RTI Bussiness menyediakan fitur IDX virtual online trading atau simulasi trading saham. Fitur ini sesuai untuk kamu yang masih pemula dalam investasi saham dan ingin tahu lebih detail seluk beluk trading saham.

6. Mirae HOST

Aplikasi yang satu ini cukup terkenal di kalangan para investor saham. Aplikasi yang dihadirkan oleh Mirae Asset Sekuritas Indonesia untuk investor saham ialah HOST untuk pemakai PC atau laptop dan NEO HOST untuk pemakai smartphone.

BACA JUGA  5+ Aplikasi Penghasil Saldo Dana Terbaru 2021, No Hoaks!

Walau minimum depositnya lumayan besar, yaitu Rp 10 juta, tetapi nasabah mempunyai pilihan untuk membuka rekening dana nasabah (RDN) di empat bank. Sehingga investor punya banyak pilihan untuk mentransfer uangnya. Fee jual-beli saham di Mirae juga cukup rendah, yaitu 0,25% untuk jual dan 0,15% untuk membeli saham.

7. Ajaib

Aplikasi saham yang satu ini cukup ‘hits’ belakangan ini karena mendatangkan artis Korea terkenal, yaitu Kim Seon Ho sebagai bintang iklannya. Artis ini memerankan karakter Han Ji Pyeong dalam serial populer Start Up di Netflix.

BACA JUGA  Rekomendasi 8 Aplikasi Penghasil Uang Halal Di Smartphone, No Ribet!

Nah, Ajaib sendiri termasuk pemain baru dalam penyedia layanan trading saham. Aplikasi Ajaib dimiliki oleh Ajaib Group yang menaungi dua perusahaan, yaitu Ajaib Reksadana dan Ajaib Sekuritas . Maka, Ajaib menghadirkan pilihan investasi di reksadana atau saham sekaligus.

Dengan layanan ini, maka seorang nasabah tak perlu pusing menggunakan dua aplikasi yang berlainan untuk investasi reksadana dan saham. Kelebihan lainnya, Ajaib menghadirkan tampilan user interface yang cukup dekat dengan pemain saham pemula.

8. Philips POEMS ID

POEMS (Phillip’s Online Electronic Mart System) adalah aplikasi trading yang dihadirkan oleh Philips Securities. POEMS memberi pilihan pembukaan Rekening Dana Nasabah (RDN) yang cukup bervariasi, salah satunya ialah Bank BCA, Mandiri, Permata, dan Sinarmas untuk akun konvensional dan BCA Syariah untuk akun syariah.

BACA JUGA  Picture Your Baba Share Price On Top. Read This And Make It So

Ada dua layanan unggulan yang disediakan POEMS ID, antara lain:

1. ProStock

Layanan untuk melakukan investasi saham secara realtime, aman, dan juga mudah. Dengan layanan ProStock dalam POEMS ID, investor bisa melakukan analisis fundamental yang disokong dengan laporan perusahaan yang lengkap dan terbaru, dan bisa lakukan analisis teknikal dengan charting yang disokong oleh Trading View.

2. Profunds

Layanan untuk melakukan investasi di supermarket reksa dana online, ada lebih dari 100 produk reksa dana dari manager investasi terpercaya di Indonesia dengan biaya yang sangat terjangkau dimulai dari Rp50.000. Investor bisa melihat informasi mengawasi perkembangan reksa dana yang dimiliki secara real-time. Sekarang ini Profunds merupakan salah satu supermarket reksa dana online terbesar di Indonesia.

BACA JUGA  Ten Effective Ways To Get More Out Of Canada Goose Stock

Beberapa fitur cerdas yang terdapat dalam aplikasi POEMS ID:

1. Fitur SmartStart: Fitur yang memberikan referensi paket reksa dana untuk para investor pemula yang didalamnya disesuaikan dengan profil resiko konservatif, moderat, dan agresif.

2. Fitur SmartPlan: Fitur menabung saham secara otomatis yang membantu melakukan investasi secara teratur dengan menentukan tanggal pembelian saham / reksa dana, jumlah yang hendak dibeli dan produk saham / reksa dana yang dibeli.

3. Fitur SmartSafe: Fitur yang akan secara otomatis menjalankan perintah membeli atau jual saham, berdasar keadaan price based, time based, dan post trading. SmartSafe membantu anda melakukan profit taking atau cut loss sesuai dengan rencana tanpa perlu takut kehilangan momentum.

BACA JUGA  Slacker’s Guide To Baba Share Price

4. Fitur AutoSweep: Mengoptimalkan keuntungan dengan menjadikan dana mengendap di RDI berkembang lebih optimal. Fitur ini memanfaatkan layanan auto subscribe dan auto redeem pada reksa dana pasar uang tanpa mengganggu transaksi bisnis anda setiap harinya.

9. BCAS Best Mobile

BCA Sekuritas juga mempunyai aplikasi trading saham yang bisa dipercaya bernama BCAS Best Mobile. Aplikasi ini memprioritaskan user interface yang cukup friendly dengan pengguna pemula. Dengan menggunakan aplikasi ini, fee membeli diputuskan sebesar 0,18% dan fee jual 0,28%.

Ada beberapa fitur favorit yang diusung oleh BCAS Best Mobile, diantaranya:

  • Real Time Market Data
  • Stock Info
  • Expert Order
  • Portfolio
  • Stock Chart
  • Watchlist
BACA JUGA  OMG! The perfect Adidas Stock Ever!

10. MNC Sekuritas

Sesuai dengan namanya, MNC Sekuritas ialah anak perusahaan MNC Group di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk. Aturan transaksi lewat MNC Sekuritas, diantaranya, fee membeli 0,18% dan fee jual 0,28%. Setoran awalnya untuk buka akun cukup Rp 100.000 saja.

Proses pembukaan rekening di MNC juga lumayan mudah bisa dengan online tanpa tatap muka. Akan tetapi, kamu wajib punya rekening di BCA untuk dapat membuka akun saham di MNC Sekuritas.

Nah, itu tadi beberapa aplikasi saham yang cocok untuk kamu yang pemula dalam memulai investasi saham. Ada baiknya jika ingin belajar trading, cukup dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

saham terbaik 2021